Tutorial blogger

Panduan Membuat Postingan Bagi Pemula

Untuk Anda yang Baru di dunia blogging, Pasti belum familiar dengan Cara Membuat Postingan di Blogger agar apa yang telah Anda tulis dapat dibaca oleh khalayak umum. Isi Postingan blog bisa berupa pengalaman pribadi, tips dan trik, tutorial dan sebagainya. Semakin banyak postingan semakin bagus pula untuk blog tersebut dan semakin banyak pula yang dapat dibagikan ke pembaca di internet.

Jika postingan kita bagus pasti banyak pengunjung yang datang ke blog kita, Hal itu merupakan suatu hal yang sangat membangakan, Karena postingan yang kita buat dapat berguna untuk orang lain.

Nah, Bagi kalian yang baru membuat blog pasti belum begitu paham dengan meyu meyu yang di sediakan oleh bloger iya kan? Untuk itu saya membuat artikel ini agar anda memahaminya betul, Silakan di simak ^^



1. Silakan buka situs www.blogger.com pada browser
2. Login masukan Username dan password , Tekan Enter
3. Setelah anda akan masuk ke dashboard blogger
4. Klik saja tombol yang bergambar pensil ( sebelah kiri atas ), Klik buat entri baru.

cara mudah posting artikel blog untuk blogger pemula

5. Lalu akan terlihat ruang kosong lebar ( Pada gambar : di bagian A ) adalah yang digunakan untuk menulis artikel, Pada bagian ini Anda bebas menulis apa saja yang anda inginkan. Dan jika mau menambahkan gambar yang tersimpan di komputer anda, menampilkannya di blog maka klik saja bagian F untuk mengupload gambar tersebut. Dan pada baris ini pula terdapat fasilitas untuk dapat membuat tulisan Tebal, Besar,Miring, Undo, Redo, dan meratakan tulisan.


6. Jika sudah selesai menulis artikel buatlah judul di kolom E dan jangan lupa tekan tombol save/simpan di bagian C setiap saat bila perlu.

7. Kegunakan menu yang ada pada bagian sebelah kanan layar antara lain :
  • Label    : Untuk membedakan jenis artikel per bagian / label
  • Jadwal : Default saja (Tidak usah diutak-atik)
  • Link     : Di bagian ini untuk memberikan nama tautan khusus untuk artikel yang sedang ditulis, biarkan dalam default (tautan permanen otomatis), biarkan saja tautan judul dan tautan lampiran default juga dan klik selesai
  • Lokasi   ; (Biarkan default , jangan diklik)
  • Deskripsi Penelusuran : Jika Anda melihat bagian ini berarti Anda tinggal menulis deskripsi yang menggambarkan artikel yang sedang anda tulis, dan hal ini pula yang membantu proses pencarian pada search engine.
  • Pilhan : Biarkan default saja, Kecuali Anda tidak ingin ada yang memberikan komentar pada artikel ini, klik saja "jangan bolehkan, sembunyikan yang ada"

8. Setelah dirasa selesai settinga nnya, klik tombol "Publikasikan"  ( B ), Dengan demikian postingan blog sudah dapat dibaca publik,  akan Tetapi jika hanya mengklik "simpan" (C) maka postingan blog tidak akan bisa dibaca oleh orang lain, dan hanya tersimpan dalam bentuk "draft".

Klik "Pratinjau" ( D ) untuk melihat bentuk postingan blog sementara, dan dapat diperbaiki kembali jika dirasakan masi ada yang kurang.

Demkian saja Cara membuat posting di blogger untuk yg baru belajar / pemula. Baca juga Cara menganti template blog agar terlihat lebih menarik dan enak di pandang
0 Komentar untuk "Panduan Membuat Postingan Bagi Pemula"

Back To Top